
ISO Membuat Bisnis Kasus Kuat
Apakah Anda memproduksi produk atau berada di sektor jasa – sebuah organisasi swasta atau lembaga pemerintah – ISO adalah sebuah model bisnis yang mendasar. Ini adalah dasar untuk membangun perusahaan. Ini memfokuskan perhatian pada proses organisasi, pelanggan Anda (internal dan eksternal), pelatihan berbasis kompetensi, dan perbaikan terus-menerus. Itu berarti meningkat hasil bisnis.
berbasis standar ISO bergantung pada prinsip-prinsip manajemen delapan kualitas yang dapat digunakan untuk memimpin dan meningkatkan setiap organisasi. Namun, pendekatan pragmatis sangat penting. Ini harus memastikan bahwa pemeriksaan yang diperlukan dan saldo, dan kerangka kerja untuk beroperasi secara efisien dan efektif. Ketika inisiatif ISO Anda terintegrasi ke dalam rencana bisnis strategis Anda, strategi menghubungkan dengan eksekusi. Perhatian difokuskan pada melakukan pekerjaan yang tepat – benar pada kali pertama.
Manfaat melimpah ISO
ISO membantu organisasi melihat sendiri dari perspektif pelanggan. Dan itu membuat kasus bisnis yang kuat. Ini menyediakan kerangka kerja untuk disiplin dan pendekatan strategis formal untuk perbaikan terus-menerus. “Jadi apa,” kata Anda. Pertimbangkan ini. Survei telah membuktikan secara meyakinkan bahwa organisasi yang mengadopsi pendekatan formal dan strategis untuk manajemen mutu:
Mengungguli sektor industri mereka di profitabilitas
Mengungguli sektor industri mereka di nilai pemegang saham
Nikmati tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi
Pengalaman mengurangi biaya operasi
Nikmati staf tingkat turnover yang lebih rendah
Lima tahun terakhir dari penelitian yang dilakukan oleh UCLA, University of Maryland dan Universidad Carlos III di Madrid menyimpulkan: perusahaan publik AS, yang diperdagangkan di NYSE yang menerima pendaftaran ISO 9000, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja keuangan, dibandingkan dengan perusahaan yang mengejar Standard. Tidak hanya ISO terdaftar perusahaan meningkatkan kinerja mereka, namun studi lebih lanjut menyimpulkan bahwa perusahaan gagal untuk mencari pendaftaran mengalami penurunan substansial dalam pengembalian aset, produktivitas dan penjualan. Perusahaan ini terdaftar menghindari penurunan.
Ini menyajikan paradoks yang menarik. Biasanya ada tiga driver utama untuk pendaftaran ISO 9000. Yang pertama adalah pelanggan dan permintaan peraturan (sekitar 45% dari responden survei). Yang kedua adalah kualitas manfaat yang dihasilkan (sekitar 30% dari responden survei). Dan driver penting terakhir adalah mengamankan keunggulan kompetitif – peningkatan penjualan dan pangsa pasar (sekitar 15%). memperhitungkan kategori lainnya untuk perbedaan. Buat kesimpulan sendiri.
Ikhtisar pemasaran
Meskipun Anda mungkin telah memulai inisiatif ISO karena tekanan eksternal, atau hanya untuk meningkatkan kualitas, menggunakan sertifikat untuk meningkatkan hasil bisnis. Karena driver “keunggulan kompetitif” adalah di belakang ketiga “manfaat kualitas,” setiap organisasi yang semakin pendaftaran ini harus memasarkannya secara agresif untuk mempercepat pertumbuhan penjualan.
Kuncinya adalah untuk mendapatkan visibilitas pasar. Disiarkan ke dunia dan mereka akan datang. Semakin klien dan prospek menyadari prestasi Anda, dan apa yang disampaikannya dalam hal kualitas produk atau layanan, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan bisnis baru. Dan pada dasarnya, ISO pendaftaran sebagai “Good Housekeeping Seal,” tetapi lebih baik, karena diakui di seluruh dunia.
Menghormati Pedoman ISO
Hati-hati untuk mengikuti pedoman ISO untuk mempromosikan pendaftaran Anda. ISO logo itu sendiri tidak dapat langsung digunakan dalam promosi pemasaran. Tanyakan Registrar Anda jika mereka memiliki logo yang dapat Anda gunakan, atau membuat sendiri. Pastikan itu termasuk penunjukan ISO lengkap, seperti “ISO 9001:. 2000 Certified” Dan ingat, hanya sistem manajemen mutu (SMM) atau sistem manajemen lingkungan (EMS) Anda bersertifikat, tidak seluruh organisasi – atau produk / jasa.
Pemasaran Kegiatan untuk Promosikan Pendaftaran Anda
Berikut adalah beberapa cara yang telah terbukti Anda bisa mendapatkan jarak tempuh pemasaran dari pendaftaran ISO Anda:
Lihat sertifikat ISO Anda di lobi Anda. Juga, menggantung spanduk di dalam gedung, atau mengibarkan bendera ISO. registrar Anda juga dapat memberi Anda beberapa salinan sertifikat.
Mempromosikan pendaftaran ISO Anda dalam semua komunikasi, seperti blok signature email dan alat tulis. Dan memberitahukan pelanggan dan prospek tentang pendaftaran ISO Anda melalui surat atau email kampanye langsung.
Mengubah logo organisasi Anda untuk memasukkan referensi ke pendaftaran ISO Anda, dan membuat grafik yang mempromosikan ISO QMS atau EMS pendaftaran Anda.
Menulis siaran pers tentang mencapai pendaftaran ISO Anda. Kirim ini untuk publikasi lokal dan industri. Mendistribusikan secara online juga, untuk visibilitas maksimum, dan jangan lupa untuk menyertakan link kembali ke website Anda.
Mempublikasikan sebuah artikel tentang bagaimana pendaftaran ISO diharapkan untuk manfaat organisasi Anda, dan upaya Anda untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Kemudian, menyiapkan studi kasus tentang bagaimana pendaftaran ISO telah bermanfaat bagi organisasi atau membantu Anda mengembangkan basis pelanggan Anda.
Mempromosikan pendaftaran ISO Anda di newsletter dan di Website Anda. Demikian juga, mempromosikan pendaftaran ISO Anda di cetak, atau pay-per-klik secara online. Pastikan pemasaran bahan jaminan Anda mengandung penunjukan ISO yang tepat.
Gunakan spanduk untuk mempromosikan pendaftaran ISO Anda di pameran dagang, dan termasuk grafis ISO Anda di handout.
Melatih staf penjualan Anda tentang cara untuk meningkatkan pendaftaran ISO untuk memenangkan lebih banyak bisnis dalam situasi kompetitif.
Jika Anda berpikir tentang hal itu, Anda mungkin dapat mengidentifikasi peluang tambahan untuk menciptakan pasar Anda tahu bahwa organisasi Anda kualitas mengobati dan / atau lingkungan serius. Juga, menjelaskan bagaimana ini diterjemahkan menjadi manfaat langsung bagi mereka yang memilih untuk melakukan bisnis dengan Anda.
Pemasaran Bantuan Tersedia
Beberapa Pendaftar ISO berpusat pada pelanggan sekarang menawarkan bantuan pemasaran dan panduan untuk membantu pelanggan mempromosikan pendaftaran mereka. Beberapa perusahaan konsultasi manajemen mengambil bantuan pemasaran lebih jauh. Manajemen Perubahan Consulting (CMC), misalnya, mengembangkan siaran pers bebas untuk setiap pelanggan memperoleh pendaftaran ISO. strategi sesi, untuk meningkatkan sertifikat ISO, selalu bagian dari proses implementasi ISO. Selain itu, CMC menawarkan akses eksklusif untuk layanan pemasaran melalui diskon perusahaan afiliasi.
Jadilah Proaktif
Satu hal yang jelas – Anda harus proaktif dalam mempromosikan pendaftaran ISO Anda. Kecuali Anda mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran, organisasi Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari inisiatif strategis ini. Jadi, termasuk pendaftaran ISO ke dalam identitas merek Anda dan siaran di seluruh dunia. Membuat ISO bagian dari budaya organisasi Anda.
Setelah Anda mulai mempromosikan pendaftaran ISO Anda ke pasar, Anda akan terkejut seberapa cepat menyebar kata. Organisasi hanya merasa lebih nyaman bekerja dengan perusahaan yang QMS atau EMSnya memenuhi standar ISO yang ketat. Dan pelanggan yang puas memberikan referensi terbaik. Singkatnya, pendaftaran ISO memberikan proposisi nilai yang unik.
Pilih perusahaan konsultan manajemen yang tidak hanya memiliki pengalaman implementasi praktis, tetapi juga, sebuah perusahaan yang didirikan yang memiliki rekam jejak yang terbukti dalam membantu organisasi meningkatkan sertifikat mereka. tangan yang panduan harus mantap dan yakin. Manajemen Perubahan Consulting telah membantu ratusan organisasi mempercepat pertumbuhan penjualan dalam jangka pendek dan jangka panjang, dan membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Itulah perbedaan CMC.
Kabar baiknya adalah meningkatkan pendaftaran ISO Anda untuk diferensiasi kompetitif tidak perlu banyak uang. Yang dibutuhkan adalah imajinasi Anda dan tinggal dalam pedoman ISO. Dengan mitra konsultasi yang tepat, dan karya kreatif sedikit, organisasi Anda dapat menikmati pendapatan ditingkatkan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan keuntungan kompetitif yang berkelanjutan.
TENTANG KAMI
MitraUtama.id merupakan perusahaan konsultan sistem manajemen dan penyelenggara pelatihan untuk umum dan pelatihan dalam bentuk in-house. Didirikan untuk membantu klien baik individu maupun organisasi. Tim kami telah sukses menyelenggarakan pelatihan yang diikuti oleh ribuan peserta. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait layanan kami.