Cepat lambat perkembangan suatu perusahaan ditentukan oleh pemimpinnya. Perusahaan akan berkembang dengan pesat apabila memiliki pemimpin ataupun manager yang bagus, yakni manager yang mampu bekerja keras untuk mencapai target-target perusahaan. Sedangkan menjadi seorang manager bukan perkara yang mudah karena memiliki tanggung jawab besar untuk mengelola segala aspek perusahaan. Oleh sebab itu, hendaknya seorang manager harus kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

 

Berikut ini adalah tips sukses menjadi manager:

  1. Mendelegasikan tugas dengan tepat.

Seorang manager harus bertanggung jawab mengetahui dan menetapkan siapa yang tepat untuk melaksanakan tugas tertentu. Oleh karena itu, Anda harus mengenali potensi-potensi serta keterbatasan pada setiap anggota tim. Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Sehingga diperlukan observasi atau kedekatan antara manager dan anggota timnya. Dengan mendelegasikan tugas secara tepat akan membantu meningkatkan kinerja dan rasa kepercayaan diri anggotanya.

  1. Memimpin dengan teladan.

Menjadi seorang pemimpin hendaknya menjadi contoh yang baik kepada semua orang. Ketika adanya suatu peraturan, seorang manager adalah orang pertama yang mematuhi peraturan-peraturan tersebut. Sehingga seorang manager hendaknya disiplin dalam melaksanakan berbagai hal yang berkaitan dengan tugas-tugas sebagai seorang manager. Hal tersebut akan memiliki pengaruh kepada karyawan dalam menilai dan rasa hormat terhadap manager.

  1. Mampu memberi motivasi.

Seorang manager harus mengetahui apa yang dapat memotivasi dari setiap anggota tim. Tugas ini cenderung menuntut seorang manager untuk memahami secara mendalam masing-masing anggota tim karena setiap orang memiliki standar motivasi yang berbeda. Diharapkan ketika anggota tim memiliki kesulitan atau penurunan kinerja, manager mampu memotivasi secara tepat sesuai dengan karakter setiap anggoa. Sehingga anggota tim mampu kembali bekerja secara baik dan mencapai target kerja.

  1. Mengakui kesalahan.

Hal yang seharusnya dihndari dari seorang manager adalah membuat kesalahan dalam penilaian dan pengambilan keputusan. Akan tetapi tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Ketika seorang manager melakukan hal tersebut, hendaknya bertanggung jawab untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Selain itu, akan lebih baik apabila kesalahan yang dilalkukan dapat menjadi bahan diskusi untuk meminta masukan agar hal-hal tersebut tidak terjadi lagi dikemudian hari.

  1. Komunikasi yang efektif.

Manager dituntut untuk berkomunikasi dengan anggota tim secara rutin berkaitan dengan tugas-tugasnya. Untuk menunjang hal tersebut, seorang manager harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif baik secara lisan maupun tertulis. Komunikasi ini hendaknya berlangsung secara interaktif, yakni seorang manager dan anggota tim dapat saling mengerti satu sama lain. Selain itu, menjadi seorang manager harus bisa menghargai anggotanya ketika mengalami masalah tanpa harus bersikap kasar dan menyinggung.