ERP Mitos penghilang: Lima Mitos Tentang Menggunakan ERP Toko Lantai
Lima Mitos Tentang Menggunakan ERP
Untuk meningkatkan efisiensi, visibilitas dan, akhirnya, untuk menghemat uang, banyak perusahaan manufaktur mencari solusi perangkat lunak untuk peningkatan produksi untuk lantai toko mereka. Tetapi tidak ada solusi mudah untuk memilih perangkat lunak manufaktur terbaik untuk fasilitas tersebut.
Kebanyakan produsen membedakan dua solusi: software Enterprise Resource Planning (ERP) perangkat lunak dan Manufaktur Eksekusi System (MES). Dalam beberapa fasilitas, kelompok TI diberi mandat untuk berinvestasi dalam ERP dan menggunakan fungsi ERP sedapat mungkin, termasuk lantai toko, sering tanpa memperhatikan kesesuaian fungsional. Ini bisa menjadi proposisi berisiko dan mahal untuk beberapa operasi manufaktur. Sebaliknya, ganti ERP dengan MES didefinisikan di lantai toko, yang dirancang khusus untuk mengelola produksi di pabrik, bisa menjadi pilihan yang lebih efektif.
Berikut adalah lima mitos umum tentang penggunaan ERP di lantai toko:
Mitos # 1: Satu ERP Solution memberikan Total Cost of Ownership (TCO) yang lebih rendah
Prospek mengelola sebuah organisasi dengan serangkaian aplikasi yang kuat dapat menggoda, tetapi dalam banyak kasus, tidak memberikan kedalaman fungsi yang diperlukan untuk persyaratan dukungan produksi. Untuk mengimbangi, departemen IT telah mengembangkan kustomisasi yang luas di atas sistem ERP. pengembangan adat sering dilakukan oleh sumber daya khusus ERP dan mahal dan menciptakan kebutuhan untuk pemeliharaan. Hal ini umum untuk implementasi ERP membutuhkan lima sampai tujuh kali biaya layanan – di atas biaya lisensi perangkat lunak – dan akhirnya jauh lebih mahal untuk mendukung dan memelihara daripada yang diperkirakan sebelumnya.
Untuk mengurangi biaya pelaksanaan, vendor top ERP memungkinkan integrasi lebih mudah dan telah memeluk integrasi aplikasi manufaktur pihak ketiga melalui layanan web, standar integrasi XML, dan program pasangan. Namun, banyak departemen TI masih berusaha menyesuaikan atas sistem ERP.
Selain itu, vendor MES telah berinvestasi dalam integrasi rak interface untuk ERP, meningkatkan standar industri termasuk ISA95 dan OAGIS XML.
Ketika meneliti solusi, perlu diingat bahwa sistem integrator cenderung menempel apa yang telah bekerja sebelum dan dapat merekomendasikan pilihan kustom, terutama karena mereka berada dalam bisnis menulis interface dan mengembangkan fungsi kustom. Penting bahwa tim IT MES meninjau integrasi paket layanan organisasi untuk mengambil keuntungan dari XML dan standar terbaru berdasarkan opsi integrasi rak.
Mitos # 2: Anda mendapatkan visibilitas yang lebih baik dan “versi tunggal kebenaran” dari sistem ERP terpusat
sistem ERP biasanya tidak menyediakan fungsionalitas yang cukup untuk mengubah sepenuhnya ke lantai toko kertas. Selama ada beberapa kertas log dan spreadsheet di lantai toko, ada kemungkinan bahwa sumber-sumber data yang berbeda akan “realitas” yang berbeda untuk departemen yang berbeda.
Banyak vendor ERP telah memperoleh modul pihak ketiga untuk memperluas fungsi produksi mereka. Seringkali ada sedikit perbedaan antara integrasi modul ERP internal dan integrasi dicapai dengan solusi vendor MES.
Cara terbaik untuk memastikan “tunggal kebenaran” adalah memiliki strategi yang baik integrasi antara ERP dan MES yang membuat lantai toko benar-benar paperless. Organisasi masih dapat mendukung perusahaan alat pengambilan keputusan dengan visibilitas yang konsisten dalam operasi global melalui ERP dan MES aplikasi terintegrasi dengan baik.
Mitos # 3: Standar pada sistem ERP yang sama di seluruh produktivitas perusahaan meningkat
Banyak organisasi terkemuka telah menyadari bahwa sistem ERP mereka dapat melayani beberapa pabrik dan beroperasi dengan benar, tetapi tanaman lain memproduksi model yang berbeda lebih baik dilayani dengan istimewa terintegrasi sistem MES. Menjadi lebih umum untuk organisasi dengan beragam produk dan model manufaktur untuk standarisasi dengan dua atau bahkan tiga set solusi, bukan hanya satu. Biaya untuk tambahan sistem pendukung MES dapat dengan mudah dibenarkan dalam situasi ini.
Mitos # 4: The vendor ERP akan memberikan dukungan yang berkelanjutan baik
Beberapa pemangku kepentingan dalam organisasi mungkin percaya bahwa berurusan dengan satu vendor atau sistem integrator hasil tunggal dan dukungan teknis yang lebih baik. Tetapi kenyataannya adalah bahwa organisasi dilayani oleh vendor MES kecil yang mengkhususkan diri dalam industri tertentu menerima layanan yang lebih baik dan respon yang lebih cepat.
Mitos # 5: Fungsi dalam cukup ERP baik untuk lantai toko diskrit-produksi
Menurut survei AMR Research tahun 2006, masalah berikut muncul di antara perusahaan yang menggunakan dan mengevaluasi ERP mereka ke pabrik:
• ERP memiliki antarmuka pengguna yang kompleks untuk staf manufaktur
• ERP tidak memenuhi semua persyaratan kami dan tidak mampu untuk model proses manufaktur yang kompleks kami
• ERP terlalu lama dan biaya terlalu banyak untuk disesuaikan dan diterapkan untuk manufaktur
• Konfigurasi ERP membutuhkan keterampilan perangkat lunak ERP khusus dan mahal
• Layar ERP memerlukan konfigurasi mahal untuk meminta dan memvalidasi pengumpulan data
Hasil survei ini pada sistem ERP masih berlaku saat ini. Untuk mengkonfirmasi tayangan tersebut, organisasi harus memeriksa jumlah layar dan perintah yang diperlukan dalam sistem ERP untuk melakukan beberapa transaksi produksi umum, seperti pemisahan perintah kerja. Kemudian, membandingkan upaya yang diperlukan untuk melakukan fungsi yang sama di MES yang dirancang untuk industri tertentu. Juga, hal ini berguna untuk membandingkan waktu yang diperlukan oleh mekanik di lantai toko untuk membuat pengumpulan data tanda tangan dan tanda tangan pada kedua sistem. Ini titik data sederhana akan memberikan gambaran singkat dari perbedaan dalam kemudahan penggunaan dan pilihan yang tidak tersedia di setiap aplikasi.
Ketika menyelidiki sistem perangkat lunak yang paling cocok untuk lantai toko Anda, periksa kesesuaian sistem ERP. Solusi terbaik mungkin adalah sistem ERP-MES terintegrasi.
TENTANG KAMI
MitraUtama.id merupakan perusahaan konsultan sistem manajemen dan penyelenggara pelatihan untuk umum dan pelatihan dalam bentuk in-house. Didirikan untuk membantu klien baik individu maupun organisasi. Tim kami telah sukses menyelenggarakan pelatihan yang diikuti oleh ribuan peserta. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait layanan kami.